Uncategorized

Pengertian Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia

komunikasi

Apa yang kamu ketahui tentang komunikasi? Komunikasi adalah kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, entah itu komunikasi lisan maupun tertulis. Tapi, apakah kamu mengetahui apa pengertian komunikasi yang sebenarnya? Berikut ini saya akan menjelaskan pengertian komunikasi dalam kehidupan manusia.

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI

Salah seorang ahli komunikasi, Fiske, berpendapat ada dua aliran utama (mazhab) ahli komunikasi dalam merumuskan pengertian komunikasi. Pertama, ahli komunikasi yang merumuskan komunikasi sebagai penyampaian atau transmisi pesan yang kemudian disebut sebagai “mazhab proses”. Kedua, ahli komunikasi yang melihat komunikasi sebagai pembuatan dan pertukaran makna yang disebut sebagai “mazhab semitoka”.

Kita juga bisa mendapatkan pengertian komunikasi dari salah seorang ahli komunikasi yaitu Harold D. Lasswell, yang dikenal dengan model lasswell-nya. Lasswell merumuskan komunikasi dengan pernyataan dalam bentuk pernyataan seperti berikut:

Who: Siapa yang berkomunikasi/komunikator.

Says what: Menyatakan apa (pesan/isi komunikasi).

In which channel: Dengan saluran apa.

To whom: Untuk siapa.

With what effect: Dengan efek apa.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa komunikasi adalah proses pertukaran pesan di antara manusia untuk mencapai saling pengertian atau mengubah sikap, pendapat dan perilaku orang yang kita ajak berkomunikasi.

B. PROSES KOMUNIKASI

Model Komunikasi Shannon dan Weaver:

komunikasi

Pada gambar tersebut dijelaskan bahwa sumber informasi (komunikator) menyampaikan pesan melalui transmiter (media) yang kemudian diubah ke dalam sinyal elektromagnetik yang kemudian diterima pesannya melalui pesawat penerima sejauh tidak terjadi gangguan sehingga pesan bisa sampai pada penerima (komunikan).

C. FUNGSI DAN TUJUAN KOMUNIKASI

Rudolph F. Verderber berpendapat bahwa komunikasi memiliki 2 fungsi, yaitu:

  1. Fungsi sosial, yaitu untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukkan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan.
  2. Fungsi pengambilan keputusan, yaitu memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu.

Sedangkan Dimbleby dan Burton menyatakan bahwa ada 6 tujuan dalam komunikasi, yaitu:

  1. Informasi
  2. Hubungan (relasi)
  3. Persuasi
  4. Kekuasaan
  5. Pengambilan keputusan, dan
  6. Ekspresi diri

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa manusia berkomunikasi karena manusia memang membutuhkan komunikasi itu untuk membangun dan mengembangkan relasi dengan orang lain yang dibangun melalui pesan (isi/informasi) yang disampaikan melalui tindakan komunikasi.

D. ETIKA KOMUNIKASI

komunikasi

Gambar diatas menggambarkan budaya seperti lapisan-lapisan bawang. Lapis-lapis simbol, pahlawan, dan ritual bisa dilihat oleh orang yang bukan berasal dari budaya tersebut, namun nilai-nilai yang ada di lapis inti yang hanya dapat ditafsirkan oleh orang yang berasal dari budaya tersebut.

Nah, nilai-nilai tersebut kemudian antara lain terwujud dalam etika. Berdasarkan nilai-nilai tersebut kita kemudian melihat soal kepantasan, kepatutan, ketepatan, keserasian, keindahan, dan keharusan satu perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam penjelasan tersebut, kita bisa melihat bagaimana orang lebih memilih menggunakan kata beliau dibanding dengan kata dia untuk orang yang dihormati secara sosial. Hal tersebut menunjukkan bagaimana ada soal kepatutan dan ketepatan untuk menyebut nama ganti bagi orang yang dihormati bersama.

Karena itulah, dalam komunikasi manusia, etika komunikasi menjadi bagian yang penting. Tentu juga dalam komunikasi bisnis akan ada etika yang mengatur bagaimana sepatutnya komunikasi dilakukan oleh satu organisasi yang menunjukkan dirinya sebagai organisasi yang beradab.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *